Aturan Penting Olahraga yang Harus Ditaati Bagi Pemilik Riwayat Penyakit Jantung

Penyakit jantung pada dasarnya memang kondisi kesehatan yang cukup serous, apalagi seperti yang diketahui bahwa jantung ini termasuk sebagai salah satu organ vital, jika seandainya berhenti berdetak sudah pasti akan menyebabkan kematian. Bahkan bagi orang-orang yang sudah pernah terkena serangan jantung, maka beresiko tinggi untuk mengalami kondisi atau hal yang sama di kemudian hari, sehingga harus waspada, mulai dari menjaga pola makan sampai dengan aktivitas yang dilakukan. Lalu apakah orang yang memiliki riwayat sakit jantung ini boleh berolahraga? Tentunya sangat dianjurkan, hanya saja tidak sembarangan olahraga boleh dilakukan.

Seperti yang diketahui bahwa dengan berolahraga memang memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan, termasuk diantaranya adalah kesehatan organ jantung. Hanya saja kondisi jantung sudah lemah dan beresiko tinggi untuk terkena serangan lagi, untuk itu harus cermat di dalam memilih alternatif atau jenis aktivitas fisik yang aman dilakukan penderita penyakit jantung ini, sehingga justru tidak akan memperburuk kondisinya.

Berikut ini diantaranya beberapa tips berolahraga bagi Anda yang menderita penyakit jantung, yaitu:

  1. Taati 3 aturan penting yang ada dalam aktivitas fisik, karena hal ini sangat berhubungan dengan perlindungan pada organ jantung tersebut. Seperti diantaranya adalah dengan melakukan pemanasan, kemudian latihan inti dan dilanjutkan dengan pendinginan. Sehingga nantinya jantung juga tidak kaget ketika melakukan aktivitas fisik yang cukup berat.
  2. Lakukan jenis kegiatan aerobik yang ringan-ringan saja, jenis aktivitas fisik yang sangat bagus untuk kesehatan jantung memang arerobik, hanya saja tentunya Anda harus mulai memilah-milih agaknya jenis apakah yang aman untuk jantung Anda. Mengingat beberapa senam aerobik terkadang memacu jantung bekerja terlalu berat, tentunya kurang aman dilakukan oleh penderita sakit jantung. Untuk itu pilihlah yang ringan dan dapat meminimalisir resiko cidera.
  3. Jika mulai terasa gejala jantung Anda yang kambuh, seperti diantaranya adalah aritmia, pusing hingga sesak napas maka segera hentikan aktivitas fisik yang dijalani tersebut, sebelum nantinya bertambah parah. Aritmia ini menandakan bahwa sebenarnya kegiatan yang dilakukan tersebut terlalu berat untuk jantung Anda.
  4. Cobalah lakukan aktivitas fisik sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari, seperti diantaranya adalah berjalan melewati tangga, kemudian juga bersepeda santai dan sejenisnya. Karena meskipun ringan. Namun pada dasarnya jika dilakukan secara rutin, sangat bagus bagi kesehatan jantung Anda, sama seperti berolahraga.
  5. Sebelum dan selama melakukan aktivitas fisik ini maka pastikan bahwa tubuh Anda terhidrasi, yaitu dengan minum air putih secara cukup. Begitu juga menyesuaikan antara intensitas aktivitas yang dilakukan, begitu juga dengan kondisi lingkungan, suhu sampai dengan kelembapan udara. Hal ini nyatanya juga berguna untuk mencegah resiko terkena dehidrasi.
  6. Jangan mandi air hangat setelah melakukan aktivitas fisik, paling tidak 15 menit setelah aktivitas fisik tersebut dilakukan. Karena hal ini beresiko tinggi menyebabkan peningkatan denyut jantung dan juga aritmia, apalagi bagi mereka yang sebelumnya sudah memiliki riwayat penyakit jantung, tentunya sangat berbahaya.

Itulah setidaknya beberapa aturan penting yang harus ditaati bagi penderita penyakit jantung ketika berolahraga. Tidak masalah sebenarnya bagi orang-orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu untuk olahraga, asalkan memilih jenis yang tepat, karena dengan berolahraga ini akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan juga sehat. Bahkan juga dapat mencegah penyakit tersebut nantinya akan kambuh kembali, jika dilakukan secara konsisten.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.