Cara Mudah Halau Asam Lambung Yang Naik

Selain maag, penyakit asam lambung menjadi masalah pencernaan yang cukup umum diderita oleh masyarakat. Asam lambung terjadi karena asam dari lambung naik ke kerongkongan, sehingga menimbulkan gejala yang tidak nyaman.

Beberapa gejala yang muncul saat asam lambung naik, seperti terdapat sensasi panas dan terbakar di dada (heartburn), mulut terasa pahit maupun asam, mual, muntah, rasa tidak nyaman pada perut bagian atas, perut begah dan kembung, perut kram, hingga rasa gelisah, berkeringat, dan sesak napas.

Bagi yang belum mengetahui, asam lambung merupakan salah satu zat yang berperan dalam proses pencernaan. Agar sistem pencernaan bekerja dengan baik, kadar asam lambung ini harus dijaga agar jumlahnya selalu tepat.

Sebab ketika kadar asam lambung naik akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan tertentu. Gejala-gejala ketika asam lambung meningkat seperti yang sudah disebutkan sebelumnya tentu bisa membuat tubuh kurang nyaman jika digunakan untuk beraktivitas.

Maka dari itu, untuk mengatasi asam lambung naik ini, berikut beberapa tips jitu yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Longgarkan pakaian.

Penggunaan pakaian yang ketat bisa menjadi penyebab asam lambung naik. Hal ini dikarenakan pakaian yang ketat akan menekan bagian perut. Maka dari itu, jika asam lambung kambuh lakukan tindakan pertolongan pertama dengan melonggarkan ikat pinggang, celana, baju, atau apapun itu yang membuat tubuh Anda terasa sesak.

  • Berdiri tegak.

Asam lambung yang naik juga bisa dipicu hal yang sederhana dan tidak disangka-sangka. Salah satunya ketika melakukan postur tubuh tertentu yang memicu asam lambung kambuh. Sehingga ketika rasa kambuh ini muncul Anda sedang dalam posisi berbaring atau duduk, maka cobalah untuk berdiri dan postur tubuh lebih tegak. Cara ini bertujuan untuk meringankan tekanan pada sfinger esofagus bagian bawah. Yaitu cincin otot yang berperan membantu menghentikan asam lambung menuju kerongkongan.

  • Mengonsumsi minuman jahe.

Banyak orang yang sudah memanfaatkan minuman jahe untuk mengatasi gejala heartburn saat asam lambung kambuh. Hal ini dikarenakan jahe berkhasiat untuk membantu meredakan mual. Sehingga jahe dipercaya bisa mengatasi salah satu gejala pada penyakit asam lambung.

Untuk cara penggunaannya, Anda bisa memarut jahe atau memotong kecil-kecil kemudian dimasukkan dalam olahan masakan. Selain itu, bisa juga dengan cara meminum teh jahe hangat atau minuman dari rebusan jahe. Namun hindari mengonsumsi minuman ginger ale. Karena meskipun mengandung bahan jahe di dalamnya, minuman ini tergolong sebagai minuman berkarbonasi yang bisa memicu naiknya asam lambung. Selain itu juga, umumnya produk minuman ginger ale dibuat menggunakan perasa buatan.

  • Mengunyah permen karet.

Menurut sebuah penelitian, mengunyah permen karet selama 30 menit setelah makan akan membantu mengatasi permasalahan asam lambung yang naik. Karena mengunyah permen karet akan membantu produksi air liur dan menelan. Hal ini secara alami akan mengencerkan dan membersihkan asam lambung dari kerongkongan.

  • Minum obat yang bisa meredakan asam lambung.

Saat asam lambung kambuh, Anda juga bisa mengatasinya dengan minum obat yang diperuntukkan bagi asam lambung. Beberapa jenis obat asam lambung yang bisa digunakan, seperti antasida, H2 blocker, dan penghambat pompa proton (PPI). Jenis obat, seperti H2 dan PPI akan membantu mengurangi jumlah asam yang dikeluarkan lambung.

Sehingga mampu mengatasi permasalahan asam lambung yang kambuh. Sedangkan untuk obat jenis antasida berguna untuk menetralkan asam lambung. Untuk lebih aman, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan mengonsumsi jenis obat-obatan tersebut untuk mengatasi asam lambung yang naik. 

Itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam lambung naik. Semoga bermanfaat!.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.