Jantung Koroner

Gejala dan dan Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Jantung koroner adalah salah satu jenis penyakit berbahaya dan juga paling umum terjadi. Dimana penyakit ini sendiri terjadi karena terhambatnya pasokan darah yang mengandung oksigen menuju otot-otot jantung yang disebabkan oleh adanya plak pada pembuluh darah jantung atau arteri koroner. Kejadian ini sendiri menyebabkan jantung tidak mendapat pasokan oksigen yang cukup. Dan fakta menariknya adalah penyakit jantung koroner sendiri adalah penyakit nomor satu di Asia Tenggara dan termasuk pula di dalamnya adalah Indonesia yang menjadi penyebab kematian.

Jantung KoronerFakta penyakit ini sebagai salah satu penyebab kematian ini pastinya harus membuat kita lebih aware. Dan faham akan penyakit yang satu ini. Tak heran jika memang banyak orang yang sedang cari tahu tentang penyakit jantung koroner ini.

Untuk anda yang memang sedang mencari tahu tentang jenis penyakit yang satu ini, berikut kami sampaikan beberapa informasi penting diantaranya adalah mengenai bagaimana kita mendeteksi penyakit jantung koroner itu sendiri. Dimana gejala yang muncul pada penyakit yang satu ini adalah sebagai berikut :

Rasa Nyeri yang tak Biasa di Dada

Meski gejala penyakit jantung koroner adalah rasa nyeri di bagian dada, namun tak semua nyeri dada adalah gejala jantung koroner. Akan tetapi, hal yang wajar jika rasa nyeri di bagian dada harus mendapatkan perhatian yang lebih serius. Dimana rasa nyeri yang terjadi karena adanya serangan jantung sendiri dirasa sangat khas. Dimana dada terasa seperti sedang mendapatkan tekanan yang berat dan akan hilang ketika beristirahat. Namun, pada penyakit yang sudah sangat parah maka nyeri nya tak akan hilang meski sudah beristirahat.

Sering Pusing dan Mudah Lelah

Gejala lain yang mungkin muncul adalah perasaan pusing dna mudah merasa lelah. Fungsi jantung yang tak normal bisa menjadi penyebab terjadinya pusing. Rasa pusingnya pun akan berbeda dibandingkan dengan pusing biasa karena acap kali diiringi dengan perasaan mudah lelah karena memang adanya gangguan pada sirkulasi darah.

Keringat Dingin dan Mual

Keringat dingin adalah salah satu gejala penyakit jantung koroner. Dimana hal ini terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah sementara otot-otot jantung kekurangan oksigen dan menciptakan kondisi iskemia. Kondisi ini pun memicu banyaknya keringat yang akan keluar kemudian muncul lagi sebuah sensasi yang sensasinya sering di deskripsikan sebagai keringat dingin. Namun, pada sisi berbeda akan memunculkan reaksi mual sampai muntah.

Sesak Nafas

Tidak normalnya fungsi jantung akan berdampak pada tidak lancarnya pernafasan si penderita. Hal ini menjadikannya rentan mengalami sesak nafas. Dimana hal ini akan terjadi berbarengan dengan nyeri yang dirasakan pada dada.

Jika sudah mengetahui akan gejalanya sekarang kita harus berfikir mengenai bagaimana cara mencegah penyakit jantung koroner. Setidaknya kita bisa membuat diri kita terhindar atau setidaknya meminimalisir terjadinya penyakit jantung koroner pada tubuh kita dengan melakukan berbagai cara yakni sepert melakukan olahraga secara rutin, menurunkan berat badan jika memang terjadi berat badan yang berlebihan. Tidak merokok, serta terus melakukan kontrol terhadap tekanan darah dan juga mengenalikan stress. Terakhir adalah dengan beristirahat dengan cukup.

Selanjutnya selain beberapa cara di atas, ada juga makanan yang bisa mencegah terjadi penyakit jantung koroner tersebut. Dimana makanan yang dimaksud antara lain adalah seperti minuman produk susu dengan lemak rendah atau bahkan bebas lemak. Mengkonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega 3, buah buahan, kacang-kacangan, sayuran, biji-bijian.

Demikian informasi yang kami berikan, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.