Ingin Miliki Jantung Sehat, Biasakan 5 Kebiasaan ini

Kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari bisa jadi akan berdampak negatif bagi kesehatan kita. Namun sebaliknya jika apa yang menjadi kebiasaan baik itu kita biasakan, maka pastinya akan berdampak baik pula bagi kesehatan kita. Nah, berikut kami sampaikan beberapa kebiasaan yang harus anda biasakan untuk dapat memiliki jantung yang sehat. Apa sajakah? Berikut 5 kebiasaan untuk anda yang ingin jantung sehat :

Sarapan

Sarapan adalah kegiatan yang umum dilakukan setiap pagi. Sarapan itu sangat penting untuk memberikan asupan energi agar kita fit dalam beraktivitas. Sarapan juga baik untuk membuat perut kita tidak cepat lapar dan tentunya terhindar dari keinginan untuk ngemil yang bisa menyebabkan obesitas.

Berdasarkan penelitian yang dibuat oleh Journal of the American College of Cardiology, menyebutkan bahwa orang yang tidak terbiasa dengan makan pagi atau sarapan lebih beresiko terkena serangan jantung dibandingkan yang terbiasa sarapan. Dampak lain yang bisa diterima bagi orang yang tidak sarapan adalah terkena obesitas dan kolesterol yang tinggi dan berakibat pada penyumbatan pembuluh darah.

Jalan Kaki

Aktivitas jalan kaki juga sangat baik untuk jantung sehat. Pasalnya apabila kita kurang melakukan aktivitas maka penyakit jantung pun bisa jadi akan muncul. Penelitian pun menyebutkan bahwa orang yang tidak terbiasa beraktivitas fisik lebih rentang dua kali lebih besar terkena masalah jantung.

Tertawa

Tertawa juga memberikan manfaat terhadap kesehatan jantung. Dimana saat aktivitas tertawa, tubuh akan melepaskan neurontransmitter dan hormon endorfin. Dimana aktivitas ini akan membantu mengurangi hormon yang menyebabkan stres yakni kortisol dan adrenalin. Selain itu, tertawa juga baik untuk meningkatkan produksi oksigen di dalam darah, menurunkan tekanan darah dan pastinya baik untuk jantung.

Konsumsi Buah dan Sayur

Kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi erat kaitannya dengan jantung. Untuk hal inilah disarankan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat, vitamin, lemak tak jenuh, dan antioksiden. Dimana elemen-elemen tersebut bisa mengontrol tekanan darah, kadar kolesterol jahat dan resiko terkena penyakit jantung.

Tidur yang Cukup

Chicago Medical School melakukan penelitian yang hasilnya adalah orang yang tidur kurang dari 6 jam dalam sehari berisiko dua kali lebih besar mengalami stroke dan serangan jantung. Oleh sebabnya, pastikan waktu tidur anda dalam sehari terpenuhi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.