Ini Alasan Sikat Gigi Sebelum Tidur Sangat Penting

Menyikat gigi sewaktu ingin pergi tidur merupakan sebuah adat atau kebiasaan bagi manusia hingga saat ini. Meski memang banyak orang tidak mengetahui alasannya. Tidak jarang juga bagi orang yang sudah sangat mengantuk menghindari akan menggosok gigi sewaktu ingin pergi tidur. Padahal memang para ahli merekomendasikan untuk orang menyikat gigi di waktu malam hari dan ini merupakan suatu aktivitas yang sangat penting. Menggosok gigi di waktu malam hari merupakan salah satu aktivitas untuk mencegah kerusakan gigi dan gusi dan bahkan untuk organ lainnya. Mengapa demikian? Berikut ulasannya.

Alasan yang paling mudah dimengerti tentu saja perihal dengan menghilangkan sisa-sisa makanan pada sela gigi dan rongga mulut akan membuat pertumbuhan bakteri dan juga benda-benda berbahaya lainnya di mulut bisa diminimalisir atau dihambat. Untuk diketahui bahwa bakteri sangat menyukai sisa-sisa makanan yang ada di sela gigi dan rongga mulut. Dimana mereka menggunakannya sebagai tempat untuk berkembang biak.

Dalam keadaan tidur dengan keadaan belum menyikat gigi dan gigi dan rongga mulut anda kotor maka perkembang biakan bekteri yang ada di mulut pun bisa membahayakan dan membuat gigi menjadi berlubang, keropos, dan karang gigi pun jadi meningkat. Seperti dilansir dari heath.com.

Tidak hanya itu saja, melainkan anda yang tidak menggosok gigi sewaktu ingin tidur akan membuat bau mulut akan lebih besar terjadi. Selain itu juga, menumpuknya sisa-sisa makanan yang ada di mulut juga akan menjadi sumber munculnya berbagai penyakit. Bakteri dan kotoran yang ada di mulut pun dapat berpengaruh terhadap kesehatan jantung, hati serta paru-paru.

Bakteri yang berkembang biak di mulut mungkin saja akan menyebar melalui saluran pernafasan dan pencernaan juga sangat mungkin untuk terjadi. Anda harus mengetahui juga bahwa bakteri itu sendiri sangat mudah sekali untuk menyebar melalui aliran darah di sistem pencernaan manusia. Dari situlah akhirnya bakteri pun menyebar ke berbagai organ penting dalam tubuh manusia, misalnya jantung, paru-paru dan hati. Bahkan mereka juga bisa hinggap di otak dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Demikian berbahayanya akibat dari tidak menggosok gigi pada malam hari, oleh sebab itu jangan pernah anda tinggalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.