Permainan

Inilah 5 Aspek Penting Dalam Memilih Permainan untuk Anak

Hidup di masa pandemi membuat kita harus melakukan penyesuaian dan memulai gaya hidup yang baru. Dimana di masa seperti ini kita tentu dituntut untuk berkreasi sedemikian mungkin untuk mengadirkan sejumlah kegiatan yang bisa membuat anak terhibur ketika terus harus selalu bersama kita dan membuat hubungan yang lebih kuat dan menyenangkan.

PermainanSalah satu caranya adalah mengajak anak main bersama demi mengisi masa liburan mereka agar selalu bisa menjadi well being (kesejahteraan hidup) anak, dan membantunya terhindar dari rasa bosan, moody dan stress dan kurangnya intensitas sosialisasi dan lainnya.

Dalam hal ini jelas menjadi saat yang tepat bagi orang tua untuk memilih permainan yang tepat. Permainan yang tepat dimaksud setidaknya mampu melatih 5 aspek pertumbuhan anak yaitu :

Physical (Perkembangan Fisik/Motorik)

Setidaknya anda harus mengatur proporsi untuk selalu melibatkan fisik dalam permainan virtual yang mereka mainkan. Permainan fisik sendiri bermanfaat untuk mengembangkan kemampuannya dalam mengkoordinasikan motorik kasar anak sebut saja seperti berlari, melompat, memanjat, mengayuh dan lain sebagainya.

Untuk kemampuan koordinasi motorik halus antara lain anak bisa diajak membuat prakarya atau juga kontruksi bangunan.

Intellectual (Kemampuan Kognitif/Berifikir)

Dalam hal ini bermain sambil belajar adalah pola yang baik dalam melatih kecerdasan intelektualnya. Permainan yang dimaksud adalah board game seperti catur, monopoli, matematika dasar seperti pengurangan, penambahan dan juga kemampuan menalar dalam pemecahan masalah.

Language (Bahasa)

Permainan yang mampu melatih bahasa anak seperti Trivia, tebak kata, scrabble atau bermain peran. Selain itu, orang tua bisa mengobrol langsung dengan anak dalam atau juga setelah permainan berlangsung.

Emotional (emosi)

Dalam aspek yang satu ini bertujuan untuk anak bisa melatih bagaimana mereka menangani emosi mereka dengan baik dan juga sehat entah itu emosi yang positif maupun negatif.

Social (sosialisasi)

Kecerdasan sosial pada dasarnya membuat anak mampu berinteraiksi dengan efektif dengan orang lain dan mempelajari bagaimana norma yang berlaku dan memiliki moral yang baik.Dalam hal ini permainan kelompok adalah permainan yang tepat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.