Inilah Kiprah dan Prestasi Para Dosen IPB

Institut Pertanian Bogor atau yang lebih dikenal dengan IPB merupakan salah satu universitas negeri yang kualitasnya bisa dikatakan terbaik di Indonesia. Banyak sekali alumni IPB yang sukses bekerja dan juga mengabdi untuk negara. Bahkan lulusan dari IPB sendiri terkadang memiliki peluang yang lebih tinggi dalam dunia pekerjaan di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, bahkan luar negeri pun mengakui akan kualitas IPB dan lulusannya. Tak heran jika di tiap tahunnya, banyak sekali calon mahasiswa berbondong-bondong datang untuk menjadi bagian dari IPB.

Salah satu hal yang membuat kualitas IPB diperhitungkan di dunia pendidikan tak lain adalah kualitas tenaga pendidik atau dosennya. Tidak hanya sukses membimbing mahasiswa IPB saja, namun para dosen IPB memiliki kiprah dan prestasi yang sangat baik baik di tingkat Nasional maupun internasional. Tak heran jika kualitas inilah yang menular kepada para mahasiswanya.

Institut Pertanian Bogor sendiri memiliki 1.300 dosen yang tentunya memiliki kualitas mumpuni di bidang yang mereka bina masing-masing. Dimana mereka semua secara profesional telah mendedikasikan seluruh hidup mereka untuk membimbing para mahasiswa dan juga dunia pendidikan Indonesia dan juga luar negeri untuk memberikan pengetahuan secara umum. Tidak semata-mata tentang pendidikan saja, namun mahasiswa IPB juga dididik untuk mendapatkan dan mempunyai karakter positif sebagai seorang manusia yang siap mengabdi untuk keluarga, negara dan bangsa, mempunyai jiwa yang siap untuk bekerja dan enterpreuner dan kepemimpinan yang kuat, cerdas secara intelektual dan punya integritas. Hal inilah yang telah dan nantinya akan terus melahirkan banyak lulusan yang punya karya yang bermanfaat bagi masyarakat dari IPB berdiri hingga kini dan nantinya.

Sementara itu, prestasi para dosen IPB pun bisa dibilang sangat mengagumkan, dimana mereka lebih banyak berprestasi di bidang pertanian, kelautan, dan juga biosains tropika. Tak jarang bahwa hasil penelitian dan riset yang dilakukan oleh dosen IPB dijadikan rujukan akademis oleh banyak pihak yang membutuhkannya dengan kemudahan akses yakni melalui situs ipbpress.com. Dengan cara ini, tidak hanya orang yang berkecimpun di dalam IPB saja yang mampu mendapatkan manfaatnya, bahkan masyarakat luas pun bisa mengakses dan juga mengambil manfaat dari karya-karya yang diciptakan oleh para dosen IPB.

Di dalam negeri, dosen -dosen IPB pun memiliki kiprah yang luar biasa dalam dunia pendidikan. Dimana hal ini telah dilakukan sejak tahun 2008, dosen-dosen IPB telah berhasil mendominasi dalam hal inovasi pendidikan yang paling prospektif berdasarkan pada Business Innovation Center (BIC) – Kemenristekdikti RI. Bahkan dalam kategori penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI hampir kebanyakan para dosen IPB mendapatkan penghargaan tiga besar di dalamnya.

Sarwono Award, Best Syariah Awards, dan Wallacea Grant Award Council Newton Fund adalah salah satu bukti keberhasilan para dosen IPB menyabet penghargaan. Menariknya, pada tahun 2019 yang masih tersisa 2 bulan lagi ini pun para dosen IPB sudah banyak mendapatkan penghargaan dan prestasi yang membuat nama IPB pun semakin harum dan menjadi bukti kegigihan pendidik IPB dalam bekerja dan berinovasi dalam dunia pendidikan Indonesia.

Salah satu kiprah yang menarik di IPB adalah civitas akademika IPB yang berhasil mendapatkan penghargaan Academic Leader di tahun 2019 ini. Dua diantaranya adalah dalam ajang Anugerah Iptek dan Inovasi 2019, prediksi soal luas kebakaran hutan di tahun 2019, menginovasikan bibit ubi kayu yang bebas virus, membuktikan sel punca untuk anti aging, inovasi memanfaatkan kayu merbau untuk pencerah kulit, serta banyak kiprah lain yang tentunya tak bisa dirincikan satu per satu dalam tulisan ini.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.