BBM

Inilah Perbedaan Pertalite dan Pertamax yang Mungkin Kami Belum Tahu

Pemerintah Republik Indonesia sejak tahun 2014 yang lalu telah membatasi jumlah bahan bakar yang bersubsidi. Dimana dalam hal ini bahan bakar yang disubsidi adalah bahan bakar bensin adalah premium. Untuk mensiasati hal tersebut, pemerintah pun menyediakan varian bahan bakar baru non subsidi yakni Pertalite.

BBMSejak saat itu juga, masyarakat yang bukan pengguna bahan bakar bersubsidi menggunakan pertalite yang memiliki kadar oktan lebih tinggi dibandingkan dengan premium. Namun tetap harga jualnya lebih murah dibandingkan dengan Pertamax.

Lali, dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan Pertamax tersebut, tentunya ada perbedaan antara Pertamax dan juga Pertalite. Apa saja? Berikut ulasan menariknya.

Nilai Oktan Lebih Rendah

Nilai oktan sendiri adalah ukuran kualitas dari bahan bakar minyak untuk mesin dengan bahan bakar bensin yang berdasar pada nilai Research Ocatne Number atau yang disingkat dengan RON. Dimana Pertalite punya nilai RON 90 sementara Pertamax 92.

Warna

Masing-masing bahan bakar punya warna yang berbeda yang disesuaikan dengan kualitas bahan bakar itu sendiri. Premium punya warna kuning cerah, Pertalite menggunakan warna hijau, pertamax 92 dengan warna biru dan juga Pertamax Turbo dengan warna Merah. Untuk diketahui bahwa warna pada bahan bakar sendiri punya pengaruh pada kinerja mesin, dan bahan bakar yang tidak menggunakan pewarna akan menghasilkan sistem pembakaran yang lebih sempurna.

Tingkat Polusi

Pertalite dan Pertamax punya tingkat polusi yang berbeda. Hal ini didasarkan pada nilai oktan. Dimana apabila nilai oktan yang lebih tinggi akan menghasilkan polusi yang lebih rendah dan sebaliknya.

Kompresi Mesin

Kinerja mesin antara Pertamax dan Pertalite juga termasuk untuk masalah kompresi mesin dari kendaraan itu sendiri. Dimana pertamax ditujukan untuk mesin yang memiliki kompresi 10:1 hingga 10,8:1 adapun pertalite sendiri dikhususkan untuk mesin di bawah mesin pertamax.

Meski demikian, secara garis besar pertamax sendiri punya kandungan yang kurang lebih sama dengan pertalite.Dimana keduanya punya kandungan zat aditif seperti pembersih, zat penjaga kemurnian bahan bakar dari air atau juga demulsifer dan juga zat anti karat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.