vaksin

Intip Fakta Mengenai Vaksin COVID-19 yang Wajib Anda Ketahui

Kekhawatiran akan virus COVID-19 yang menyerang tubuh tentu dirasakan oleh semua orang saat ini. Karena sejak kemunculannya di awal tahun 2020 hingga sekarang ini masih ada saja banyak korban yang berjatuhan. Untuk perlindungan diri, melakukan protokol kesehatan seperti yang dihimbau oleh pemerintah merupakan langkah yang tepat. Selain itu, dibarengi dengan melakukan gaya hidup sehat, melakukan physical distancing, mengonsumsi vitamin, dan masih banyak lagi.

vaksinUntuk mengurangi angka penyebaran virus corona, beberapa waktu dikabarkan jika pemerintah telah mendatangkan vaksin COVID-19. Hal ini tentunya merupakan suatu kabar gembira, karena seperti yang kita ketahui vaksin digunakan untuk tujuan mencegah penyakit. Sehingga jika sudah ada vaksin untuk COVID-19, maka penyakit berbahaya dari virus corona bisa segera ditanggulangi. Adanya vaksin untuk COVID-19 ini cukup membuat pro dan kontra tersendiri. Namun terlepas dari itu semua, bagi sebagian orang awam masih menanyakan mengenai manfaat, cara kerja, serta efek samping dari penggunaan vaksin ini.

Nah, maka dari itu berikut ini akan dibagikan sedikit fakta mengenai vaksin COVID-19 berikut ini:

  • Vaksin aman dan halal digunakan.

Banyak dijumpai masyarakat yang ragu akan keamanan dan kehalalan vaksin untuk COVID-19. Namun yang perlu diketahui, bahwa vaksin yang beredar saat ini sudah lulus uji klinis dan lolos dari BPOM. Untuk kandungan pada vaksin corona buatan Sinovac adalah virus yang sudah dimatikan (inactivated virus). Bukan virus hidup ataupun yang dilemahkan. Selain itu, vaksin ini juga tidak mengandung borkas, formalin, pengawet, maupun merkuri.

  • Vaksin yang diedarkan bukanlah untuk uji klinis.

Vaksin yang beredar bukan bertujuan untuk uji klinis, karena sudah mendapatkan izin penggunaannya oleh BPOM. Vaksin dari Sinovac yang bernama Corovac untuk uji klinisnya menggunakan kemasan filled syringe atau suntikan. Sedangkan vaksin yang beredar saat ini dikemas dalam bentuk vial single dose atau botol kaca dan tidak ada keterangan dalam botolnya yang menyebutkan jika digunakan untuk uji klinis.

  • Vaksin tidak mengandung sel vero.

Beberapa waktu lalu dikatakan jika vaksin COVID-19 halal digunakan lantaran adanya sel vero. Hal tersebut tidaklah benar, karena vaksin buatan Sinovac tidak mengandung sel vero seperti klarifikasi dari pemerintah. Sel vero hanya dijadikan media kultur saja untuk tumbuh kembang virus sebagai bahan baku dari vaksin.

  • Pendistribusian vaksin kemungkinan selama 15 bulan baru selesai.

Dikabarkan jika pendistribusian vaksin akan membutuhkan waktu 3,5 tahun. Fakta yang sebenarnya, waktu 3,5 tahun tersebut adalah penyelesaian vaksinasi ke seluruh dunia, bukan untuk Indonesia. Pemerintah sendiri menegaskan jika pendistribusian vaksin membutuhkan waktu selama 15 bulan.

  • Tahapan kelompok orang yang menerima vaksin corona.

Jumlah vaksin yang ada sudah dipastikan tidak cukup untuk diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia secara serentak dalam satu waktu. Sehingga pemberian vaksin akan diberikan oleh pemerintah secara bertahap. Yang mana dimulai dari Januari-April 2021, periode kedua dari April 2021 – Maret 2022. Untuk kelompok orang yang diprioritaskan menerima vaksin terlebih dahulu adalah petugas kesehatan, petugas publik, serta orang-orang yang memiliki resiko tinggi tertular virus COVID-19.

Itu tadi sedikit fakta mengenai vaksin untuk COVID-19 yang perlu Anda ketahui. Nah, bagi Anda yang belum berkesempatan mendapatkan vaksin untuk virus COVID-19, maka sebaiknya lakukan upaya terbaik dengan menjaga daya tahan tubuh tetap sehat. Dan untuk mengantisipasi kemungkinan terkena COVID-19, ada baiknya melakukan tes PCR swab agar bisa mengetahui tubuh terkena virus berbahaya ini ataukah tidak. Sehingga jika memang diketahui positif terkena virus ini, Anda bisa segera melakukan tindakan. Untuk melakukan tes PCR swab di rumah, Anda bisa menggunakan layanan kesehatan online terpercaya dari Aido Health.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.