Makanan Penyebab Diare

Jenis Makanan Penyebab Diare yang Harus Dihindari

Apabila disesuaikan dengan kasus yang sering terjadi yakni yang menjadi pemicu utama seseorang mengalami diare adalah biasanya disebabkan karena adanya infeksi virus yang menyerang saluran pencernaan kita. Tetapi perlu diketahui juga jika ternyata ada beberapa makanan penyebab diare yang memang benar-benar harus dihindari jika tidak ingin terjadi dengan masalah pada gangguan sistem pencernaan Anda. antara individu satu dengan individu yang lain untuk jenis makanan yang menjadi salah satu pemicu munculnya diare adalah berbeda-beda satu sama lain.

Makanan Penyebab DiareJadi yang perlu diperhatikan adalah apabila sebelumnya Anda memiliki intoleransi terhadap makanan atau minuman tertentu yang bisa menyebabkan diare Anda harus hati-hati dan jangan asal sembarangan dalam konsumsi makanan tersebut. Tidak hanya karena intoleransi saja, terkadang diare yang muncul pada tubuh juga bisa disebabkan karena adanya masalah malabsorpsi. Yang merupakan suatu kondisi dimana usus kecil yang ada di dalam tubuh tidak bisa dengan baik menyerap makanan dan nutrisi yang masuk dalam tubuh setelah dikonsumsi.

Memang benar pada dasarnya memang ada beberapa makanan yang menjadi salah satu pemicu munculnya diare, meskipun terkadang ada beberapa orang yang tidak memiliki intoleransi sedikitpun terhadap makanan atau minuman. Biasanya makanan-makanan tersebut banyak mengandung zat-zat yang bisa menyebabkan pencernaan kita menjadi sangat terganggu. Supaya lebih jelas, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dipercaya bisa menyebabkan diare:

  • Makanan pedas

Ini adalah salah satu jenis makanan yang bisa memicu diare paling umum. Biasanya hal ini terjadi karena makanan dengan bumbu yang kuat dan tubuh tidak terbiasa akan hal ini. jadi biasanya salah satu contoh makanan yang pedas dan banyak mengandung santan inilah yang menjadi penyebab diare muncul. Jadi apabila Anda memiliki riwayat penyakit diare dan sakit perut maka pola makan harus benar-benar dijaga dan jangan sampai terserang penyakit karena konsumsi makanan yang salah.

  • Makanan olahan susu

Terkadang memang ada jenis susu dan beberapa jenis makanan olahannya yang menjadi salah satu penyebab munculnya diare pada tubuh. Biasanya kenapa seseorang mengalami masalah intoleransi laktosa maka hal inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan kenapa orang bisa diare setelah mengkonsumsi susu dan juga olahannya. Dan kondisi ini terjadi karena tubuh yang tidak mampu dan tidak memiliki enzim untuk bisa memecahkan gula tertentu yang ada di dalam produk susu.

  • Brokoli dan kembang kol

Siapa sangka jika jenis makanan dari sayuran hijau ini juga bisa menjadi salah satu penyebab diare. Hal ini karena kedua sayuran ini adalah jenis sayuran yang banyak mengandung zat-zat tertentu yang cukup bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh. Tetapi justru terkadang juga ada beberapa saluran pencernaan yang akan kesusahan dalam memproses makanan tersebut sehingga muncul yang namanya penyakit diare.

Di atas adalah beberapa contoh dan daftar makanan penyebab diare yang harus Anda perhatikan dengan baik-baik. Apabila sekarang Anda sedang mengalami masalah pencernaan karena diare maka konsumsi obat diare adalah langkah yang paling tepat bagi Anda. Dan salah satu contoh obat diare yang sangat bagus untuk Anda jadikan sebagai pilihan adalah Entrostop. Salah satu obat dari Kalbe via diarepedia.com yang sudah terbukti ampun dan aman untuk diberikan pada orang yang mengalami diare. Tetapi tetap jangan lupa konsultasi dengan dokter supaya penanganan juga lebih tepat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.