Rapid Test di Rumah

Keuntungan yang Didapat Jika Menggunakan Layanan Rapid Test di Rumah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kehidupan masyarakat Indonesia dan termasuk dunia setelah adanya penyebaran kasus COVID-19 bisa dikatakan cukup buruk. Hal ini karena, corona tidak hanya berdampak pada kehidupan kesehatan saja, tetapi juga sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan perekonomian masyarakat. Tidak jarang bahkan ada banyak sekali perusahaan yang sampai tutup dan bahkan ribuan karyawan mereka dirumahkan karena dampak kasus corona. Oleh karena itu, untuk menekan laju perkembangan dan penyebaran kasus COVID-19 di Indonesia, pihak pemerintah telah melakukan banyak upaya, salah satunya adalah dengan cara menyediakan layanan rapid test di rumah.

Rapid Test di RumahUntuk layanan rapid test sendiri memang kebanyakan sudah bisa dilakukan di beberapa tempat tidak perlu harus datang ke rumah sakit atau klinik. Hal ini untuk mengantisipasi laju perkembangan COVID-19 yang berasal dari pasien tanpa gejala yang mungkin datang ke rumah sakit dan bisa dengan mudah untuk menginfeksi pasien lain yang memiliki sistem imun kurang bagus. Rapid test dilakukan tanpa kecuali kepada siapa saja masyarakat yang mungkin memiliki gejala atau bisa juga mereka yang tidak memiliki gejala tetapi ingin tahu apakah tubuhnya baik-baik saja atau bahkan sebaliknya.

Rapid test dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dari ujung jari. Setelah itu diteteskan pada alat rapid test tersebut. Tetapi satu hal penting yang perlu diketahui oleh masyarakat luas bahwasanya rapid test tidak bisa digunakan untuk mendeteksi adanya virus COVID-19 di dalam tubuh pasien. Oleh karena itu, jangan jadikan rapid test sebagai patokan meski hasilnya reaktif. Perlu dilakukan test lebih lanjut yakni swab test yang bisa menunjukkan hasil akurat apakah seseorang terinfeksi COVID-19 atau tidak. Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi apabila hasil rapid test seseorang menunjukkan reaktif, berikut penjelasannya:

  • Tubuh Anda dengan menggunakan daya tahan tubuh sedang melawan infeksi yang disebabkan oleh virus SARS- CoV 2 yang merupakan penyebab COVID-19.
  • Bisa juga sebenarnya Anda sudah terinfeksi COVID-19 namun tubuh Anda masih terus berjuang untuk melawan virus tersebut.
  • Selain itu, bisa juga tubuh Anda pernah terinfeksi SARS CoV-2 namun berhasil untuk melawan.
  • Bisa juga disebabkan oleh tubuh Anda yang terinfeksi virus yang masih satu keluarga dengan virus COVID-19.

Di atas adalah hanya beberapa kemungkinan saja, dan jangan pernah untuk dijadikan sebagai diagnosis. Kita pasti sudah banyak yang tahu dan paham bahwa pandemi ini memang tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Dampaknya sangat luar biasa sekali. Bisa menyerang ke segala lini kehidupan manusia. Apabila Anda sudah melakukan rapid test dan hasilnya memang benar reaktif serta Anda juga merasakan beberapa gejala yang menjadi ciri tubuh terinfeksi corona seperti panas tinggi, batuk, pilek dan tenggorokan sakit serta sesak nafas, segera lakukan swab test untuk bisa tahu hasil yang lebih akurat.

Begitu pula sebaliknya, apabila hasil rapid test menunjukkan reaktif tetapi Anda tidak memiliki gejala apapun, segera lakukan isolasi mandiri di rumah seperti yang telah dianjurkan oleh tenaga medis. Bila saat ini kemungkinan Anda tinggal di daerah zona merah COVID-19 dan ingin melakukan rapid test namun tidak ingin datang ke rumah sakit, tidak perlu khawatir karena sudah ada layanan rapid test di rumah yang disediakan oleh Aido dan bisa Anda manfaatkan dengan baik. Jangan khawatir dengan keakuratan hasilnya karena di Aido akan ditangani oleh dokter dan perawat yang professional di bidangnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.