Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta: Sejarah, Fasilitas, Lokasi, dan Tiket Masuk

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta merupakan tempat wisata bersejarah yang menyuguhkan beragam jenis koleksi, seperti benda realia, foto, lukisan, miniatur, replika, dan diorama yang menggambarkan peristiwa sejarah. Di tempat ini, Anda akan menemukan banyak hal menarik. Anda akan tidak hanya diajak kembali ke masa lampau, melainkan juga mempelajari sejarah pembangunannya.
Sejarah Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg (sumber : google.com/maps)

Benteng Vredeburg dibangun atas permintaan Belanda yang kala itu diperintah oleh Nicolaas Harting. Menurut catatan sejarah, Belanda meminta pembangunan benteng untuk menjaga keamanan di sekitar Keraton. Namun, tujuan sebenarnya adalah untuk memudahkan Belanda mengontrol keadaan dan memantau perkembangan yang terjadi di dalam keraton.

Pembangunan pertama dimulai pada tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Kala itu, bangunan benteng masih sederhana, terbuat dari tanah dengan kayu kelapa dan aren sebagai penyangga. Sementara di bagian dalam menggunakan kayu dan bambu dengan atap ilalang berbentuk bujur sangkar yang setiap sudutnya dilengkapi bastion atau seleka.

Keempat seleka tersebut diberi nama berbeda oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Seleka sudut timur laut dinamakan Jaya Purusa, seleka sudut tenggara dinamakan Jaya Prayitna, seleka sudut barat daya dinamakan Jaya Prakosaningprang, dan seleka sudut barat laut dinamakan Jaya Wisesa.

Pada masa pemerintahan W.H. Van Ossenberg, Benteng Vredeburg kembali dibangun secara permanen demi alasan keamanan. Pembangunan dimulai pada 1767, di bawah pengawasan ahli ilmu bangunan asal Belanda, Ir. Frans Haak dan selesai satu tahun kemudian.

Sebelum dinamakan Benteng Vredeburg, benteng ini lebih dulu dinamakan Benteng Rustenberg yang artinya benteng peristirahatan. Setelah bencana gempa bumi dahsyat mengguncang Yogyakarta di tahun 1867 dan menyebabkan sebagian besar bangunan benteng rusak, benteng kembali mengalami pembangunan.

Tepat setelah perbaikan usai, nama benteng pun diganti menjadi Benteng Vredeburg yang artinya benteng perdamaian sebagai perwujudan hubungan damai antara Belanda dengan Keraton.

Fasilitas Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg terdiri dari sejumlah ruang dengan fungsi yang berbeda. Agar Anda lebih jelas, simak penjabaran singkatnya berikut ini.

  • Ruang Pengenalan

Ruang Pengenalan berfungsi sebagai studio mini berkapasitas sekitar lima puluh orang. Di tempat ini, Anda bisa menikmati film dokumenter dengan durasi  sekitar sepuluh hingga lima bels menit. Umumnya, ruang ini dijadikan oleh pengunjung sebagai persinggahan sebelum beralih ke ruang diorama.

  • Media Interaktif

Ruang Media Interaktif baru dibuka sejak tahun 2012. Ruang ini juga disebut sebagai ruang Diorama I dan II yang dilengkapi dengan media layar sentuh. Di tempat ini, Anda bisa mempelajari sejarah secara lebih luas dengan cara yang menyenangkan.

  • Ruang Audiovisual

Terelatak tepat di Gedung F, lantai 2, Ruang Audivisual dibangun sebagai sarana untuk menikmati film perjuangan koleksi Benteng Vredeburg. Namun, film ini hanya diputar di minggu kedua, ketiga, dan keempat setiap bulan dengan jadwal setiap Jumat pukul 13.00 WIB dan Minggu pukul 10.00 WIB dan 13.00 WIB.

  • Toilet
  • Kantin
  • Ruang P3K
  • Ruang Laktasi
  • Area Bermain Anak
  • Area Parkir

Lokasi Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg (sumber : google.com/maps)

Museum Benteng Vredeburg berlokasi di Jalan Jenderal A. Yani (Margo Mulyo) Nomor 6, Yogyakarta.

Tiket Masuk Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg buka setiap hari Selasa sampai Kamis pukul 07.30 – 16.00 WIb dan Jumat sampai Minggu pukul 07.30 – 16.30 WIB.

Tiket masuk:

  • Dewasa perorangan Rp3.000,00 dan rombongan Rp2.000,00
  • Anak-anak perorangan Rp2.000,00 dan rombongan Rp1.000,00
  • Wisatawan Asing Rp10.000,00

Demikianlah sejarah singkat Museum Benteng Vredeburg yang perlu Anda ketahui. Agar liburan lebih hemat anggaran, gunakan aplikasi Airy Rooms dan nikmati promo hotel murah.  Dapatkan kamar hotel di Jogja dengan fasilitas jaminan kenyamanan Airy, mulai dari kamar bersih full AC yang dilengkapi pancuran air panas dan alat mandi serta televisi layar datar, WiFi gratis, dan air minum.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.