Puasa Intermiten, Diet Terpopuler di Google Tahun 2019 Sesuai Syariat Islam

Puasa Intermiten atau yang lebih dikenal dengan sebutan Diet Intermiten menjadi salah satu jenis diet yang paling populer dicari netizen di Google sepanjang tahun 2019 ini. Hal ini seperti yang dilaporkan oleh situs Mind Body Green. Puasa Intermiten atau intermitten fasting disebutkan oleh Google sebagai salah satu jenis diet yang paling banyak dicari dan menempati urutan pertama di situs pencarian Google.

Halle Berry, Vanessa Hudgens, Reese Witherspoon, dan Jennifer Anniston adalah para selebriti dunia yang menyukai diet intermiten ini. Namun, lebih dari itu, diet intermiten sendiri tak hanya ampuh untuk menurunkan berat badan, namun juga telah terbukti memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Sehingga tidak menjadi hal yang mengejutkan jika memang diet ini menjadi populer dari naik ke peringkat delapan hingga akhirnya berada di urutan pertama.

Berbeda dengan banyak jenis diet lainnya yang umumnya berfokus pada lemak atau karbohidrat saja, Intermiten justru dilakukan dengan formula 5-2. Yakni 2 hari berpuasa dan 5 hari lainnya bisa melakukan apapun seperti biasanya. Meski memang ada perdeatan tentang seberapa aman melakukan puasa, banyak dokter menyebut bahwa puasa intermiten ini sendiri lebih dari hanya sekedar berpuasa.

“Ini bukan cuma tren numpang lewat, ini tren 5.000 tahun lamanya. Semua mekanisme puasa sangat manusiawi secara dalam, intrinsik,” tutur Jason Fung, MD.

Hal ini tak lain adalahkarena puasa intermiten lebih fokus pada gaya hidup seseorang dan mempromosikan kesehatan dengan jangka yang lebih panjang. Sebut saja manfaat lainnya adalah mengurangi risiko diabetes, penyakit inflamasi, dan tekanan darah tinggi dari pada hanya menurunkan berat badan, bukankah hal ini jauh lebih baik?

Bagi anda yang beragama Muslim, hal ini juga bisa berdampak pada ibadah. Karena memang ada sunnah bagi orang muslim untuk berpuasa dua hari dalam seminggu di luar Ramadhan, yakni pada Senin dan Kamis. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.