Kulit Kepala Kering

Punya Masalah Kulit Kepala Kering? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ternyata bukan hanya ketombe yang mengganggu kenyamanan rambut, namun juga kulit kepala kering. Keduanya sama-sama menimbulkan rasa gatal di kepala dan pastinya sama-sama tak enak jika terus berlanjut. Lalu, apa penyabab munculnya kulit kepala kering tersebut?

Kulit Kepala KeringNamun, sebelum kita jauh membahas kulit kepala kering, anda juga harus memahami secara betul bahwa kulit kepala kering dan ketombe itu sangat jauh berbeda. Meski memang gejala yang dimunculkan hampir sama, dimana keduanya sama-sama membuat kepala mengelupas.

Meski demikian, anda harus menyadari bahwa ada perbedaan antara keduanya. Dimana serpihan yang dihasilkan oleh kulit kepala kering itu sama sekali tidak mengandung minyak. Namun, apabila ketombe itu bisa jadi akan mengandung minyak.

Apabila anda sudah mampu membedakan antara kulit kepala kering dan juga ketombe maka anda pun akan dapat dengan mudah mengatasinya. Namun, sebelumnya tak ada salahnya anda juga mengetahui penyebab munculnya kulit kepala kering. Dan berikut penyebabnya :

Eksim

Eksim adalah salah satu penyebab kulit kepala kering dimana gejala yang ditimbulkan adalah gejala gatal dan kulit yang megelupas. Dimana eksim ini muncul erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh, hormon dan juga faktor genetik. Dimana dalam dunia medis dikenal dengan sebutan dermatitis seboroik.

Suhu Udara Kering

Udara kering misalnya dalam ruangan yang menggunakan AC juga dapat menjadi penyebab kulit kepala kering. Selain itu bisa juga karena adanya pergantian cuaca tertentu.

Gonta Ganti Produk Rambut

Mengganti produk perawatan rambut bisa menyebabkan kulit kepala kering. Dimana hal ini bisa jadi muncul karena kandungan atau bahan yang dipakai dalam shampoo yang digunakan keras dan berlebihan yang memunculkan adanya masalah kulit kepala kering.

Psoriasis

Kondisi ini terjadi karena bercak merah dan bersisik pada kulit kepala. Penyakit ini adalah kondisi yang menjadi penyebab kulit kepala kering yang dikategorikan kronis. Karena dampaknya bisa muncul penyakit autoimun.

Lalu, bagaimanakah cara mengatasinya? Berikut ulasan mengenai cara mengatasi kulit kepala kering tersebut :

Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan turun temurun yang dipercaya mampu memberikan manfaat kepada kulit kepala. Terutama jika masalahnya adalah kulit kepala kering. Hal ini dikarenakan fungsi minyak kelapa itu sendiri adalah sebagai bahan pelembab bagi kulit kepala. Selain itu juga sifatnya yang anti jamur dan antibakteri yang akan mengurangi munculnya risiko infeksi pada kulit kepala.

Cara menggunakannya pun tergolong mudah, cukup aplikasikan minyak kelapa pada kepala sambil dipijat ringan. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

Lidah Buaya

Lidah buaya bersidat antiperadangan yang bisa membantu mengatasi iritasi yang muncul pada kulit dan juga melembabkan kulit kepala. Cukup oleskan lidah buaya ke kepala selama 10 menit dan lalu bilas dengan air.

Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat antimikroba yang pastinya dapat menghilangkan jamur yang jadi penyebab rasa gatal. Cara menggunakannya adalah campurkan cuka apel dengan sedikit air, lalu oleskan di kepala. Biarkan lima menit lalu dibilas dengan shampoo.

Minyak Jojoba

Minyak jojoba memiliki fungsi antiperadangan dan juga mengobati kondisi kulit yang kering. Cara mengaplikasikannya adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak jojoba ke shampoo yang anda gunakan sehari-hari, lalu pijat, diamkan dan bilas.

Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya manfaat, untuk mengatasi masalah kulit kepala kering, manfaat pisang adalah sebagai antimikroba alami. Dimana caranya pun sangat mudah. Hancurkan atau campur pisang dengan beberapa sendok minyak kelapa atau zaitun. Oleskan ke kulit kepala, diamkan selama 10 menit dan bilas.

Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.