Tempe, Sumber Probiotik Sehat dan Murah Selain Susu

Susu telah lama dikenal sebagai salah satu sumber prebiotik yang sangat tinggi dan baik bagi kesehatan. Namun, tak banyak orang yang mengetahui bahwa zat yang sama juga bisa didapatkan di makanan murah seperti tempe. Hal ini disebabkan oleh adanya proses fermentesi dengan bantuan bakteri saat pengolahannya.

Menariknya, Tempe bisa jadi lebih unggul dengan alasan bahwa semua orang bisa mengkonsumsinya. Termasuk bagi anak-anak dan balita pun bisa mengkonsumsi tempe tanpa alasan alergi. Belum lagi perihal harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan harga susu.

Hal ini jelas sangat cocok bagi para ibu yang saat ini tengah kebingungan untuk mencarikan makanan pendamping ASI (MPASI) bagi anak mereka. Bahkan tempe pun sangat baik untuk dikonsumsi dan diberikan kepada bayi yang baru dan telah siap mengkonsumsi makanan loch.

Hal ini juga diungkapkan oleh dokter spesialis anak yakni Dr dr Ariani D Widodo, SpA(K) yang menyebutkan bahwa bakteri hasil fermentasi sangat baik untuk saluran pencernaan bayi. Tentu saja faktor utama kebaikannya adalah karena adanya kandungan prebiotik itu sendiri.

“Makanan fermentasi seperti tempe mengandung banyak probiotik,” kata dr Ariani, di Jakarta Pusat, Kamis (29/11/2018) seperti dilansir okezone.com.

Namun tinggal cara memasaknya yang jadi pertanyaan. Khusus untuk anda yang ingin agar kandungan prebiotiknya tidak hilang maka dihindari untuk mengolah masakan tempe dengan cara digoreng atau dimasak dalam suhu yang tinggi. Hal ini dapat mengurangi kandungan prebiotik yang ada dalam tempe.

“Kalau anak diberikan tempe baiknya dipanaskan sebentar. Biar nutrisinya tidak hilang dan tetap ada manfaatnya,” tambah dia.

Mengenai caranya pengolahan tempe yang baik itu sendiri tentunya bisa dengan apa saja, tergantung cara ibu untuk bekreasi seperti apa. Namun konsepnya adalah jangan sampai memasak tempe di suhu yang tinggi dan dalam waktu yang relatif lebih lama. Usahakan hanya seperti dipanaskan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.